You are currently viewing Kembalinya Anna D’Angelo ke Negara Asal Setelah Mengikuti Pertukaran Pelajar di SMA Negeri 4 Pontianak

Kembalinya Anna D’Angelo ke Negara Asal Setelah Mengikuti Pertukaran Pelajar di SMA Negeri 4 Pontianak

Pontianak (24/05/2024) Anna D’Angelo, seorang siswi pertukaran pelajar dari Italia, baru saja menyelesaikan programnya di SMAN 4 Pontianak dan kembali ke negara asalnya dengan segudang kenangan indah.

Anna juga sebelumnya mengatakan beberapa hal dalam pidato singkat yang ia buat sendiri dengan sangat lancar dalam bahasa Indonesia di hadapan para siswa dan guru. Dalam pidatonya, Anna mengucapkan terima kasih kepada semua siswa dan guru yang telah menyambut dan membimbingnya selama berada di Indonesia. “Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh siswa atas sambutannya sejak hari pertama aku datang ke sekolah ini. Terima kasih kepada guru yang telah membimbing saya selama beberapa bulan ini. Terima kasih khusus kepada Bu Fidiya, Pak Dede, dan Bu Neneng, serta Mama Ai yang sangat berarti bagiku,” tuturnya.

Dalam pidatonya, Anna juga mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaannya selama bersekolah di Indonesia. “Sekolah selalu menjadi tempat aman saya, di sini saya menemukan orang-orang luar biasa yang sangat penting bagi saya selama perjalanan ini. Saya sangat menikmati berada di kelas dan mengikuti pelajaran, meski terkadang sulit. Saya selalu senang pergi ke sekolah. Banyak sekali pengalaman yang tak terlupakan yang saya dapatkan, misalnya proyek P5, kelas tari adat dan upacara adat pernikahan dengan kelas 10 yang sungguh lucu dan menarik, dan saya sangat senang menghabiskan waktu bersama siswa-siswa P5,” tambahnya.

Pada saat wawancara pula Anna mengungkapkan betapa hangatnya sambutan yang ia terima saat pertama kali tiba di lingkungan SMAN 4 Pontianak. “I felt incredibly welcomed by Everyone by all the students I felt I was like working in here in the school. I was so scared. I was like, oh, how can I communicate with the students? Maybe they can speak english. I don’t know and I can speak Indonesian. But then when I came here, it felt everything easier. I was so happy to be here,” ungkap Anna.